Sosialisasi Gerakan Zero Sampah Anorganik Dengan Berbagi Pernak Pernik Bung Karno

DPRD Kota Yogyakarta telah memasuki masa reses pada tanggal 27 Januari sampai 1 Februari 2023, masa reses selama 6 hari tersebut digunakan untuk menjaring aspirasi dan/atau mensosialisasikan berbagai kebijakan dari pemerintah. 

Berkaitan dengan hal tersebut, maka sebagai anggota DPRD Kota Yogyakarta Antonius Fokki Ardiyanto S.IP dari Fraksi PDI Perjuangan pada tanggal 27 Februari 2023 di hari pertama melakukan reses di Gedung Balai Warga Mangkukusuman diikuti oleh tokoh tokoh masyarakat di Kampung Mangkukusuman, Kampung Danukusuman, Kampung Baciro dan Kampung Pengok Kidul. 

Dalam reses yang mengambil tema "Aku Soekarnois Marhaenis" tersebut diisi dengan sosialisasi mengenai kebijakan gerakan zero sampah anorganik di Kota Yogyakarta. Menurut Fokki, tema ini sangat penting karena ketika kita bisa memanfaatkan sampah dengan baik maka kita menjaga keberlangsungan kelestarian alam untuk anak cucu kita. Mencintai alam berarti mencintai kehidupan. 
Acara reses tersebut juga dihadiri Ibu Yuke Djulianti dari Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Yogyakarta yang menjelaskan tentang kebijakan zero sampah dilatar belakangi sudah tidak tertampungnya kapasitas sampah di TPA Piyungan, sehingga kebijakan zero sampah diharapkan mengurangi kapasitas sampah yang dibuang sekitar 40% dan memperpanjang keberlangsungan TPA Piyungan. 

Disamping itu dalam reses tersebut juga menghadirkan Danang Wahyu Wibowo yang juga Ketua Kampung Bumijo yang telah berhasil mengembangkan pembuatan batako dari bahan campuran sampah plastik. 

Reses dengan tema "Aku Soekarnois Marhaenis" menjadi menarik karena juga dibagikan berbagai pernak pernik dengan tema Bung Karno yaitu poto Bung Karno yang sudah dipigura yang diterima oleh Ketua Kampung Mangkukusuman Bpk Bambang M, kaos Bung Karno yang diterima oleh salah satu penggerak perempuan di Kampung Mangkukusuman Ibu Apih W dan gantungan kunci Bung Karno yang diterima oleh perwakilan penggerak perempuan dari Kampung Danukusuman Ibu Dessy. 

Pertemuan reses tersebut juga menghasilkan sebuah tawaran untuk mensukseskan gerakan zero sampah anorganik yaitu pertama supaya Dinas Lingkungan Hidup dapat mengkonsep bentuk kerja sama antara  Danang selaku praktisi inovasi pemanfaatan sampah dan bank bank sampah yang ada di wilayah wilayah terutama sampah plastik. Dan kedua, bank bank sampah di wilayah berkeinginan untuk melihat pemanfaatan sampah plastik menjadi bahan dasar batako di galery Danang yang ada di daerah Jambon Tegalrejo. 

Yogyakarta, 27 Februari 2023

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta