Kalurahan Terban Menuju Kalurahan Wisata Berbasis Heritage dan Budaya

Kalurahan Terban Kemantren Gondokusuman telah melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Musrenbang pada tanggal 21 Januari 2022 di Gedung LPMK Kalurahan Terban dihadiri Mantri Pamong Praja, Lurah dan seluruh pemangku kepentingan dan kebijakan di wilayah serta dihadiri oleh anggota legislatif di DPRD Kota Yogyakarta dapel 4 dan anggota DPRD DIY dapel Kota Yogyakarta. 

Setelah mengikuti acara musrenbang dan membaca dokumen perencanaan yang dibagikan pada waktu pelaksanaan musrenbang, sebagai anggota legislatif yang mendapat suara terbanyak dan mendapatkan kepercayaan tertinggi dari rakyat di dapelnya, Antonius Fokki Ardiyanto S.IP menyampaikan bahwa arah kebijakan perencanaan pembangunan wilayah dan masyarakat di Kalurahan Terban mengarah kepada wisata berbasis heritage dan budaya. 

Di Kalurahan Terban khususnya di Kampung Sagan dan Resonegaran banyak terdapat bangunan heritage yang kalau bisa dimaksimalkan keberadaannya bisa menjadi wisata sejarah dengan bersepeda. Bahkan di Kampung Terban ada rumah sakit mata YAP yang sudah berusia 100 tahun dan di dalam rumah sakit tersebut ada museum mata dimana di dalamnya berisi sejarah perkembangan kesehatan mata di Indonesia. 

Berkaitan dengan hal tersebut, maka bentuk dukungan yang akan diberikan selaku anggota legislatif yang juga mempunyai fungsi budgeting dan pengawasan supaya tahapan tahapan menuju daerah destinasi wisata heritage dan budaya ada progresnya adalah melakukan komunikasi dengan dinas pariwisata supaya ada anggaran di tahun 2024 tentang promosi dan narasi kawasan Terban berkaitan dengan hal hal tersebut yang akan ditempuh melalui mekanisme pokok pokok pikiran dewan (pokir dprd). 

Disamping itu di Kalurahan Terban juga sudah berdiri megah gedung Pusat Design Industri Nasional PDIN yang didesain sebagai fasilitasi industri kreatif di Kota Yogyakarta bahkan di DIY. Gedung yang pengelolaannya dibawah Dinas Perindustrian, UKM dan Koperasi Pemerintah Kota Yogyakarta ini juga harus bisa memberikan kontribusi untuk memajukan wisata dan budaya bagi masyarakat Terban salah satunya adalah menampilkan potensi potensi pertunjukkan budaya dari wilayah untuk tampil mengisi acara acara di publik space yang ada di gedung tersebut secara rutin. Salah duanya adalah bagaimana memformat bila ada acara acara di gedung PDIN bisa memesan konsumsinya dari wilayah setempat sebagai implementasi program gandeng gendong yang digencarkan oleh pemerintah kota sehingga imbas ekonomi juga dirasakan oleh masyarakat setempat dan bermuara kepada kesejahteraan rakyat. Ide gagasan ini supaya terealisir juga akan dikomunikasikan mengingat dinas terkait dalam hal ini Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM juga menjadi mitra kerja dari Fokki yang dipercaya partai untuk duduk sebagai anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta. 

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP
Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta