Dari Gondokusuman Sebar Virus Kebhinekaan Di Indonesia

Dalam Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang dilaksanakan oleh Komisi Lansia Kemantren Gondokusuman pada tanggal 4 Januari 2023 di Balai Mangkukusuman dihadiri oleh berbagai pemangku kebijakan dan kepentingan serta pengurus lansia se Kemantren Gondokusuman yang terdiri dari 5 Kalurahan yaitu Terban, Kotabaru, Klitren, Baciro dan Demangan. Hadir antara lain Mantri Pamong Anom, Kapolsek, Danramil, Lurah di 5 Kalurahan dan dua anggota DPRD Kota Yogyakarta dari dapelnya yaitu Antonius Fokki Ardiyanto S.IP dan Bambang Seno Baskoro S.T. Perayaan ini diketuai oleh Bapak Bambang dari Komisi Lansia Kemantren Gondokusuman yang juga sebagai Ketua Kampung sekaligus pensiunan PNS di lingkungan Pemerintah Propinsi DIY.

Dalam perayaan natal dan tahun baru tersebut diikuti oleh semua pengurus lansia tanpa memandang agamanya apa. Hal ini yang menarik sehingga selaku anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta, Fokki menyampaikan bahwa inilah praktek Pancasila secara nyata, dimana semua saling menghargai saling membantu dan saling bertoleransi. Dimana umat muslim juga berpartisipasi dalam perayaan tersebut sebagai among tamu dan seksi konsumsi, sebarkan terus virus kebhinekaan ini ke seluruh penjuru nusantara, ujarnya.

photos-one

photos-two

Dalam renungan natal yang disampaikan oleh Romo Paroki Kotabaru Rm Marlie yang berasal dari Nusa Tenggara Timur juga memperkuat tentang pluralisme atau kebhinekaan tersebut yaitu dengan menceritakan bahwa di keluarganya dimana dia berasal ketika perayaan natal maka tantenya yang muslim yang memasak sedangkan ketika hari raya idul fitri, ibunya yang nasrani yang memasak. Maka ketika semua saling membantu tanpa memandang agama suku dan ras, tema natal : "Lansia Berperan Aktif Untuk Tumbuh Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" akan dapat tercapai. Dari Gondokusuman sebar virus kebhinekaan karena  Yesus sang imanuel ahir untuk menyelamatkan, pulanglah ke negerinya melalui jalan lain yang menjadi tema natal juga semakin memperkuat kebhinekaan, demikian pungkas Romo Marlie dalam renungan penutupnya.

Selain renungan Natal, maka perayaan natal tahun ini selain diisi dengan tarian dan drama juga diserahkan bantuan sosial pendidikan kepada dua orang anak yang diberikan oleh Mantri Pamong Anom Kemantren Gondokusuman mewakili Mantri Pamong Praja yang berhalangan hadir karena menghadiri pelantikan Petugas Pelaksana Pemilu PPK se Kota Yogyakarta.

Pada sisi yang lain Antonius Fokki Ardiyanto S.IP juga menyampaikan bahwa menanggapi apa yang disampaikan oleh Romo Marlie di akhir acara : bahwa sebagai salah satu pembina ormas yaitu Repdem atau Relawan Perjuangan Demokrasi juga menginstruksikan untuk kawan kawan Repdem yang non muslim turut menjaga kenyamanan umat kristiani dalam merayakan ibadah natal dan kawan kawan bersama dengan jajaran satgas PDI Perjuangan Pasanda Andika Wiratama juga turut berpartisipasi aktif membantu pengamanan di Gereja Katolik Bintaran, Gereja Kristen Baptis dan Gereja Kristen Jawa Mergangsan.

Antonius Fokki Ardiyanto S.IP
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta