Tema Pembangunan Kota Yogyakarta TA 2023

Walikota Yogyakarta dalam sambutanya di pengantar Nota Keuangan RAPBD TA 2023 menyampaikan tema pembangunan Daerah Kota Yogyakarta Tahun 2023 adalah Peningkatan Ekonomi Kreatif Berbasis Pariwisata Budaya untuk Keberdayaan Masyarakat.

Tema tersebut mengandung makna dari beberapa kata kunci yang dibangun, yakni:

 

  1. Ekonomi Kreatif, merupakan penekanan bahwa ekonomi kreatif sebagai sumber-sumber penggerak ekonomi masyarakat yang terbukti mampu lolos dan beradaptasi dari krisis akibat pandemic lebih digiatkan. Ekonomi kreatif akan didorong menjadi bagian dari materi dan pendukung utama pariwisata, diantaranya melalui media, event, dan proses digitalisasi.
  2. Pariwisata Budaya, pariwisata tetap menjadi basis dari penggerak kegiatan di Kota Yogyakarta baik dalam aktivitas sosial maupun aktivitas ekonominya. Pariwisata didukukng melalui perwujudan unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan unsur kenangan.
  3. Keberdayaan Masyarakat, dalam proses pembangunan selain dipenuhinya kebutuhan dasar SDM, Masyarakat di dorong untuk dapat berdaya dalam kontribusi terhadap pembangunan wilayah dan membangun jejaring kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendapatkan hasil pembangunan yang optimal.