Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Yogyakarta Meningkat

Ditengah kondisi perekonomian daerah yang baru mulai bangkit, Pemerintah kota Yogyakarta dapat meningkatkan target PAD dari yang semula pada APBD 2022 sebesar 582.331.660.409 menjadi sebesar 634.171.754.454 pada perubahan APBD TA 2022.

Tentu denan meningkatnya target PAD ini perlu dilakukan langkah-langkah kongkrit antara lain:

  1. Meningkatkan pembangunan di sector pariwisata, terutama pada sector industry kreatif dengan menggali potensi pariwisata di wilayah. Sejalan denagn tema pembangunan Kota Yogyakarta tahun 2022 yaitu “Peningkatan Infrastruktur dan Perekonomian Berbasis Pariwisata untuk Kesejahteraan Masyarakat”. Pariwisata tidak hanya sekedar mengadakan event rutin, tapi perlu dilakukan inovasi-inovasi wisata dengan kegiatan yang sinergis dengan masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan lama kunjungan wisatawan di Kota Yogyakarta untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  2. Meningkatkan potensi retribusi , salah satunya denagn mengintensifkan pengelolaan parkir di tepi jalan umum.
  3. Membangun ‘big data’ sebagai basis untuk mengoptimalkan dan meningkatkan pendapatan daerah dengan mencari sumber-sumber pendapatan daerah yang sah melalui kajian-kajian potensi yang ada dengan didukung basis data yang kongkrit dan valid berdasarkan regulasi.
  4. Mengoptimalkan pengelolaan asset-aset daerah yang belum difungsikan secara maksimal, melalui Kerjasama dengan pihak ketiga dengan meningkatkan kemudahan pelayanan izin usaha dan para investor.
  5. Mengintegrasikan data retribusi sampah yang dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan data perizinan tempat usaha yang dimiliki oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.