Pariwisata Jangan Sampai Kembali Lumpuh

YOGYA(KR) – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi seluruh masyarakat. Tidak hanya kesehatan yang terdampak melainkan ekonomi, sosial hingga budaya di masyarakat. Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Yogyakarta Ipung Purwandari SH pun berharap agar sektor industry pariwisata jangan sampai kembali lumpuh saat gelombang ketiga Covid-19 menerjang Indonesia.

“Kita semua harus membangun sikap optimisme. Capaian vaksinasi di Kota Yogya merupakan yang tertinggi dan pelaku pariwisata juga menerapkan protocol ketat sesuai anjuran pemerintah,” urainya. Dirinya yang berkecimpung dalam dunia pariwisata mampu merasakan betul keperihan yang dialami oleh para pelaku saat industri pariwisata lumpuh. Terutama saat terjadi gelombang pertama dan kedua tahun 2020 hingga 2021 lalu. Seluruh pelaku mulai dari pedagang kecil, perajin UMKM, pengelola destinasi maupun pengusaha ikut terpuruk.

Tidak sedikit pula para pekerja yang terpaksa harus dirumahkan. Akan tetapi dengan semangat kebersamaan antara pemerintah dengan masyarakat termasuk pelaku industry pariwisata, pandemic mampu dihadapi dengan baik. Lambat laun industri pariwisata di Kota Yogya kini pun mulai bangkit.

“Tetapi saat ini Kembali terjadi tantangan di depan mata setelah muncul gelombang ketiga akibat varian Omicron. Selama ini para pelaku industri pariwisata selalu konsisten mengikuti imbauan pemerintah. Harapannya pemerintah selaku pemegang kekuasaan juga memberikan perhatian bagi para pelaku,” imbuhnya.

Ipung pun mengajak masyarakat agar tidak lengah dalam menjalankan protokol kesehatan. Di sisi lain, pemerintah tidak sebatas menertibkan kegiatan yang digelar oleh masyarakat melainkan juga memberikan jaminan perlindungan agar PPKM level tiga kali ini tidak berimbas serius pada sector ekonomi masyarakat. (Dhi)-d