Citra Yogya Tetap Pusat  Kota Pendidikan

Yogya (KR) Hingga saat ini dan seterusnya citra Kota Yogyakarta masih teteap melekat sebagai kota pendidikan atau kota pelajar. kualitas lembaga pendidikan serta dukungan kebijakan kuat dari Pemerintahan dan lembaga dewan, berdampak pada atmosfer pembelajaran yang kondusif.

Anggota fraksi Partai nasdem DPRD Kota Yogyakarta Choliq Nugroho Adji, meminta para orangtua tidak perlu khawatir untuk menyekolahkan putra-putrinya di kota Yogya. "Kota Yogya sangat aman sebagai predikat kota pelajar atau pendidikan. Lingkunganya sudah terjaga dengan baik, serta kualitas pendidikanya pun berdaya saing." tandasnya.

Terkait adanya pemberitaan di media online nasional yang menyebut Yogyakarta sebagai kota tertinggi kedua dengan kehamilan pelajar diluar nikah hingga seribu kasus, perlu disikapi secara arif dan bijaksana. setelah mendengar informasi tersebut, dirinya lantas menelusuri data faktual mengenai angka pernikahan anak yang terjadi di Kota Yogyakarta, terutama sepanjang tahun 2021 lalu.

Adji, sapaan akrabnya, dari penelusuran data yang dihimpun dari Dinas Pemberdayaa Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Yogyakarta serta Pengadilan Agama (PA) Yogyakarta, dispensasi pernikahan  anak pada tahun 2021 tercatat 46 pasang. sebagian besar penyebabnya memang akibat kehamilan yang mencapai 43 pasang, sedangkan tiga pasang lainya karena sebab lain.

Kendati demikian, pemerintah dan lembaga dewan juga serius dalam menjegah terjadinya kehamilan di luar pernikahan yang dialami anak. Salah satunya sudah ditetapkan Perda 8 Tahun 2020 tentang Pembangunan Ketahanan Keluarga hasil pembahasan yang serius antara eksekutif dan legislatif. begitu pula perda 1 tahun 2016 tentang Kota layak Anak. "Selain itu sudah ada Peraturan Walikota (Perwal) 7/2019 yang khusus mengatur pencegahan pernikahan anak. dalam penerapan regulasi tersebut, kami pun melakukan pengawasan secara berkala. "tandasnya.

Oleh karena itu dirinya menjamin citra Kota Yogyakarta sebagai kota pendidikan atau kota pelajar akan tetap terus terjaga dengan baik. (dhi)-f