CCTV dan Wifi Publik Implementasi Jogja Smart City

Hakekat pemerintahan adalah pelayanan kepada rakyat. Pemerintah tidaklah diadakan untuk melayani dirinya sendiri, tetapi untuk melayani rakyat, dengan kata lain pemerintah adalah “pelayan rakyat”. Pelayanan publik (public service) oleh birokrasi merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat di samping sebagai abdi negara. Pemerintah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan meningkatkan partisipasi aktif dalam pemberian informasi bagi masyarakat serta dituntut untuk lebih efektif. Hal tersebut menyebabkan e-Government atau pemerintahan berbasis elektronik semakin berperan penting dalam pemerintahan saat ini. Pemerintah Tradisional (traditional government) yang identik dengan paper-based administration mulai ditinggalkan. Transformasi traditional government menjadi electronic government (e-Government) menjadi salah satu isu kebijakan publik yang hangat dibicarakan saat ini.

Konsep pembangunan pada suatu kota dengan kota lainnya kadang juga berbeda. Terdapat beberapa konsep yang bisa diterapkan di Indonesia, salah satunya yaitu Kota Cerdas atau Smart City. Smart City adalah suatu wilayah kota yang telah mengintegrasikan teknologi informasi, komunikasi dalam suatu tata kelola sehari-hari, dengan memiliki tujuan untuk memperbesar efisiensi, perbaikan pelayanan publik, dan peningkatan kesejahteraan rakyat.

Mewujudkan Yogyakarta sebagai Smart City yang  tidak mudah. Impian smart city membutuhkan proses dan sinergi dengan aspek-aspek lainnya. Smart City juga harus didukung oleh smart people karena masyarakat dan budaya lokal diharapkan bisa menerima perubahan.

Pemerintah Kota Yogyakarta terus berupaya mewujudkan Yogyakarta sebagai smart city melalui optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi (TI). Terlebih di era digital ini, teknologi jadi keniscayaan dan dibutuhkan untuk membantu pemkot menjalankan perannya secara efektif dan efisien dengan pengunaan Informasi yang terintegrasi.

Terkait perkembangan smart city di Kota Yogyakarta adalah Penyediaan CCTV dan Wifi di beberapa titik. Lebih dari 100 titik Wifi gratis untuk internet sudah dihadirkan dan dapat dinikmati 24 jam oleh masyarakat. Internet tersebut dilengkapi dengan fitur untuk menyaring konten-konten negatif sehingga masyarakat dapat menikmati internet dengan konten aman.

 

Saksikan bincang santai Bersama Bapak M. Fauzan,ST selaku Wakil Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta Disini