Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta Krisma Eka Putra : Seni Budaya Pengungkit Pulihnya Destinasi

YOGYAKARTA: Untuk memulihkan perekonomian di Kota Yogyakarta cara yang bisa ditempuh tak lain menggeliatkan sektor wisata.

Namun tentunya butuh proses agar sektor wisata itu menggeliat. Salah satu upaya menggeliatkan sektor wisata itu dengan menghidupkan lagi aktivitas seni budaya yang tersebar di berbagai kampung Kota Yogyakarta.

"Kegiatan pementasan seni budaya di destinasi wisata hendaknya dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan, jadi upaya membangkitkan pariwisata berjalan namun juga upaya mencegah penularan Covid-19 tetap dilakukan," kata Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Krisma Eka Putra Sabtu (4/12). 

Politisi Partai Gerindra itu menuturkan di masa pelonggaran mobilitas saat ini, berbagai kampung di Kota Yogyakarta sudah kembali berupaya menggeliatkan seni tradisinya. Seperti pagelaran pentas ketoprak di Pendopo Ndalem Kaneman, Kadipaten Kidul, Kraton, Yogyakarta dan pentas pentas lainnya.

“Pementasan seni budaya di destinasi wisata selain membangkitkan sektor wisata itu, juga menjadi gairah aktivitas para seniman dan pelaku UMKM dalam karya dan kreasi yang mampu menumbuhkan perekonomian,” kata Krisma.

Ruh seni budaya menjadi ciri khas Yogyakarta yang juga berperan menjadi pengungkit kunjungan wisatawan setiap tahunnya. Oleh sebab itu, Krisma mengapresiasi berbagai kelompok seni budaya yang sampai saat ini terus hidup dan menyemarakkan agenda seni yang ada sekaligus melestarikan budaya lokal.

"Aktivitas aktivitas dan pelaku kelompok seni budaya yang terus bertahan ini perlu terus mendapat apresiasi," kata Krisma.