2022, Pembangunan Infrastruktur Yogya Diarahkan Ungkit Ekonomi dari Sektor Wisata

YOGYAKARTA: Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudyatmoko menuturkan arah pembangunan infrastruktur di Kota Yogya pada tahun 2022 menyasar pada pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

"Tahun 2022 sudah kami putuskan tema pembangunannya adalah penguatan infrastruktur untuk mendorong daya ungkit ekonomi masyarakat khususnya dari sektor pariwisata," kata Danang Kamis (25/11).

 

Politis PDI Perjuangan itu mengatakan skala prioritas pembangunan penguatan infrastruktur dari sektor pariwisata ini disepakati guna menggeliatkan ekonomi masyarakat melalui efek efek domino yang dimunculkan. 

"Tak bisa dipungkiri, nafas geliat utama perekonomian di Yogyakarta dari usaha jasa pariwisata, dari pusat kota hingga bantaran bantaran sungai, dengan sentuhan infrastruktur ini akan lebih menggeliat," kata Danang yang sudah menyambangi masyarakat di bantaran sungai seperti Gajah Wong, Code, dan Winongo.

"Namun pembangunan infrastruktur ini kalau tidak ada kerelaan masyarakat untuk menyadari bahwa sungai menjadi halaman muka kita,  tentu saja akan sulit mewujudkan yang namanya Kampung Wisata," kata dia.

Danang mengatakan tumbuh suburnya Kampung Wisata Yogya beberapa waktu terakhir berkontribusi menggeliatkan ekonomi meski yang mengunjungi masih warga lokal.

"Kampung wisata ini kampung wisata buatan, tetapi apapun itu bentuknya ternyata ada efek dominonya pada peningkatan kegiatan ekonomi. Seperti di sepanjang bantaran sungai Code, Gajah Wong," 

Danang mengakui sebagian besar pendapatan asli daerah dari sektor jasa pariwisata sehingga potensi-potensi inilah yang perlu didorong dengan merapikan atau kembali lagi membangun infrastruktur yang dirasa kurang untuk menunjang kunjungan lebih nyaman lagi.

"Misalnya penataan di kawasan sepanjang bantaran sungai, juga harus diseriusi, tetapi tidak harus terburu-buru, melainkan bertahap," tegas Danang.