Upacara Kemerdekaan RI ke 76 Di tengah Pandemi Menjadi Momentum Perjuangan Kita Belum Selesai

Yogyakarta: Hari ini tgl 17 Agustus 2021 merupakan hari penting untuk seluruh warga Indonesia, karna di tgl ini lah 76 tahun yang lalu, negara kita resmi merdeka, merdeka dari segala bentuk penjajahan yang telah negeri dan nenek moyang kita alami selama puluhan tahun lamanya. Maka pada hari ini menjadi momentum yang baik untuk kita semua mengenang jasa para pahlawan dan nenek moyang yang telah berani berjuang mengorbankan harta, jiwa dan raganya demi kemerdekaan kita saat ini.

Untuk memperingati itu semua, seluruh Anggota Sekretariat DPRD Kota Yogyakarta mengikuti upacara peringatan Hari kemerdekaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta secara daring. Peringatan kemerdekaan RI tahun ini mengusung tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh, tentu hal ini diharapkan bisa menjadi momentum menguatkan perjuangan bersama masyarakat untuk merdeka dari pandemi Covid-19. Karna tahun ini merupakan tahun ke 2 Indonesia harus melaksanakan upacara kemerdekaanya melalui daring dan luring.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menjadi Inspektur upacara dan Ketua DPRD Kota Yogyakarta Danang Rudiatmoko sebagai  pembaca Pembukaan UUD 1945. Upacara ini diadakan langsung di halaman Balai Kota Yogyakarta dengan peserta terbatas. Sedangkan seluruh perangkat daerah lingkungan Pemkot Yogyakarta mengikuti upacara secara daring.

“Ini adalah kedua kali peringatan kemerdekaan RI di masa pandemi. Mau tidak mau merdeka itu harus kita wujudkan dalam upaya kita berjuang untuk merdeka dari virus corona. Dulu para pendahulu berjuang untuk kemerdekaan dari penjajah, sekarang kita berjuang untuk segera mengakhiri pandemi,” kata Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi, usai upacara, Selasa (17/8/2021).