Pariwisata Kota Yogyakarta Harus Cerminkan Kota Aman dan Ramah Dikunjungi

YOGYAKARTA: Sektor pariwisata Kota Yogya masih menjadi satu tumpuan kebangkitan ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini.

Untuk meyakinkan wisatawan percaya dan mau berkunjung ke Yogya, para pelaku wisata sendiri selama ini sudah bergerak mempersiapkannya.

Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Susanto Dwi Antoro menuturkan perlunya sinergitas antar organisasi perangkat daerah (OPD) Pemkot Yogya untuk bisa mewujudkan Yogya jadi kota pariwisata yang aman dan ramah di masa pandemi ini.

"Sehingga jika kebijakan mendukung, para pelancong dari luar daerah tidak akan pernah ragu berkunjung ke Yogya," kata Susanto Dwi Antoro Senin (17/5/2021).

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan sektor pariwisata selama ini memang memberikan sumbangsih signifikan bagi PAD Kota Yogyakarta.

"Makanya, konsep kami bagaimana terus mendorong Yogyakarta menjadi kota pariwisata yang aman dan ramah dikunjungi," kata Antoro.

Di Kota Yogya, sudah sejak lama pelaku wisata berupaya mewujudkan pariwsata aman dan ramah kunjungan itu khususnya di masa pandemi Covid-19 ini.

Misalnya saja, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia DIY telah membantu memfasilitasi program sertifikasi “cleanliness health safety and environment sustainability” dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif guna mengakomodasi tingginya minat pelaku usaha hotel dan restoran di wilayah tersebut.

Pelaku usaha wisata sendiri memiliki komitmen untuk menerapkan protokol kesehatan ketat dalam seluruh kegiatan operasional.