Legislatif Mitra Strategis Pemkot Kawal Pembangunan

Lembaga dewan merupakan mitra strategis dalam mengawal pembangunan yang dilakukan pemerintah. Sepanjang satu tahun ini anggota DPRD Kota Yogya juga sudah menyuarakan aspirasinya kepada Pemkot Yogya. Kritikan dan masukan itu pun semata demi kemajuan Yogya yang akhirnya berdampak pada kesejahteraan warganya. Ketua DPRD Kota Yogya H Danang Rudiyatmoko, menilai masukan kerap diberikan dalam berbagai kesempatan baik melalui rapat kerja maupun rubrik di media massa SKH Kedaulatan Rakyat. "Keberadaan DPRD hari ini menegaskan sebagai mitra Pemkot. Semua dari rubrik ini pun merupakan kritikan dan masukan yang konstruktif untuk menyongsong masa depan kota yang semakin baik," tandasnya.

Gagasan yang disampaikan dewan melalui rubrik seperti ini sebagian besar dilatarbelakangi oleh pengalaman atau kondisi yang dirasakan masyarakat. Tidak sedikit pula gagasan yang muncul usai menggelar rapat kerja atau evaluasi kinerja pemerintah. Namun demikian muara dari setiap gagasan tersebut ialah tercapainya pemerataan pembangunan di setiap kondisi. Seperti halnya ketika terjadi pandemi Covid-19 yang tidak pernah diduga sebelumnya. Menurut Danang ada pembelajaran serta hikmah berikut tantangan dibalik kejadian tersebut. Salah satunya ialah mengembalikan titik nol dari proses keberhasilan pembangunan maupun ketercapaian target dalam RPJMD. "Akhir dari pemerintahan daerah yang digawangi oleh walikota dan wakil walikota saat ini ialah tahun 2022. Sekarang sedang dibahas bersama kegiatan anggaran tahun 2021. Sehingga masih ada satu tahun anggaran lagi untuk mengejar target RPJMD," urainya.

Oleh karena itu, guna menyongsong masa berakhirnya pemerintahan walikota dan wakil walikota, Danang berharap seluruh masukan dari anggota dewan patut dijadikan perhatian. Diakuinya, angka kemiskinan, pertumbuhan ekonomi serta gini rasio pada tahun ini maupun tahun depan bisa meleset dari target RPJMD. Akan tetapi masih ada kesempatan di tahun terakhir agar bisa disesuaikan dengan rencana semula. Sehingga ketika Kota Yogya genap berusia 266 tahun yang bertepatan dengan berakhirnya RPJMD, kepemimpinan kepala daerah kali ini bisa memberikan kado indah bagi warga kota."Kami di lembaga dewan akan terus mengawal melalui fungsi kami di legislasi, monitoring maupun budjeting. Masyarakat juga kami ajak untuk terlibat, berperan aktif, gotong royong dan bersama membangun Yogya dalam kerangka keistimewaan," pungkasnya. (dhi/ast)