Upacara HUT Pemkot Jogja ke-264 di Tengah Pandemi

Di tengah situasi kondisi Pandemik Covid-19 yang tengah melanda dunia, pada hari ini, Rabu (7/10), segenap entitas warga Kota Yogyakarta merayakan Hari Jadi atau Hari Ulang Tahun yang ke-264 Kota Yogyakarta. Tanpa mengurangi sedikit pun kemeriahan dan suasana kegembiraan menyambut bertambahnya usia, Pemkot Yogyakarta tetap menghimbau agar warga masyarakat tetap taat pada protokol kesehatan. Upacara perayaan yang biasa digelar di halaman balaikota pun tidak lagi dilaksanakan di tempat itu. Pemkot mengambil kebijakan untuk tetap melaksanakan upacara di gedung balaikota secara terbatas. Tanpa mengurangi kekhidmatan acara, bagi ASN di setiap instansi tetap bisa melaksanakan upacara di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing secara virtual dengan aplikasi zoom meeting.

Dalam sambutannya, Walikota Yogyakarta, Hariyadi Suyuti selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa rangkaian peringatan HUT yang ke-264 Kota Yogyakarta pada tahun ini memang harus dilaksanakan dengan format yang berbeda dari tahun lalu. Pandemi COVID-19 membuat hampir segala sendi kehidupan manusia harus berubah menyesuaikan dengan masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Namun demikian, banyak hal yang dapat kita petik dari pelaksanaan di masa Pandemik, di mana muncul kreativitas-kreativitas yang baru untuk memadukan antara kreasi seni budaya yang ada dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi yaitu melalui live streaming di jagad maya. Seluruh warga masyarakat Kota Jogja dapat berpartisipasi, ikut menari, maupun menyaksikan acara ini tanpa harus menyaksikan langsung di tempat, dengan maksud tetap memperhatikan Protokol Kesehatan, menerapkan physical distancing, menjaga agar tidak terjadi kerumunan, demi menjaga keselamatan dan kesehatan kita bersama,” ucapnya.

Hariyadi menegaskan bahwa segala kemeriahan peringatan HUT Kota yang dikemas dalam rangkaian pertunjukan seni dan budaya, hendaknya dilaksanakan  dalam suasana meriah namun tetap tenang, tidak mengundang dan menimbulkan kerumunan, serta memaksimalkan teknologi informasi, terutama melalui internet dan media sosial. Ekspresi kegembiraan dapat disalurkan melalui akun resmi media sosial Pemerintah Kota Yogyakarta, di Instagram, Twitter, Youtube serta Facebook. “Kami mengajak kepada seluruh masyarakat agar segala content HUT Ke-264 Kota Yogyakarta dapat di-unggah / di-upload pada akun media sosial pribadi masing-masing dengan tagar #HUT264Jogja, #HUTKotaJogja, #PemkotJogja, untuk menambah kemeriahan peringatan HUT Kota ke-264 tersebut. Marilah sejalan dengan sesanti / tagline  HUT Kota Yogyakarta tahun ini yaitu “Tan Mingkuh Tumapak ing Jaman Anyar”, kita tingkatkan terus rasa kebersamaan dan gotong-royong mewujudkan Kota Yogyakarta menjadi kota yang aman, nyaman, tenteram dan berbudaya, serta mampu memberikan kesejahteraan bagi seluruh warganya, terutama dalam masa Pandemi COVID-19 ini,” urai Hariyadi. (fie/ast)