September, Momen Bulan Literasi

Meski dalam masa pandemi covid-19, Pemkot Jogja tetap menyelenggarakan upacara dengan standar protokol kesehatan. Upacara yang rutin digelar setiap tanggal 17 tersebut diselenggarakan secara virtual dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Begitu pula di Sekretariat DPRD, Kamis (17/9) pagi, seluruh pegawai berkumpul di halaman parkir untuk menyaksikan secara live upacara yang dilaksanakan di Balaikota.

Dalam sambutannya, Inspektur Upacara, Heroe Poerwadi menyampaikan bahwa bulan September memiliki beberapa momen penting, yaitu sebagai Bulan Gemar Membaca, Hari Aksara Internasional pada 8 September dan Hari Kunjung Perpustakaan pada 14 September. Momentum tersebut mengingatkan betapa penting literasi bagi setiap manusia, komunitas, dan masyarakat. Tidak ada bangsa berkemajuan di dunia ini tanpa literasi bangsa dan tidak ada literasi bangsa tanpa kegiatan membaca dan menulis. “Untuk itu saya mengajak seluruh peserta upacara agar menggalakkan kegiatan membaca dan menulis sebagai kegiatan positif. Jadikan rumah, kantor dan lingkungan kita sebagai perpustakaan mini dan pembelajar sepanjang hayat,” tuturnya.

Selain itu, Heroe juga mengingatkan bahwa beberapa bulan ke depan akan menyambut tahun 2021. Perlu adanya pemahaman bersama bahwa tema Rencana Kerja Pemkot Jogja Tahun 2021 adalah Percepatan Pemulihan Sosial Ekonomi untuk Kesejahteraan Masyarakat. Percepatan pemulihan dimaknai sebagai proses mempercepat perbaikan kondisi yang ada, khususnya bidang sosial dan ekonomu yang mengalami penurunan. “Disini kami sampaikan juga bahwa 14 hari ke depan kita akan merayakan Hari ulang Tahun Kota Jogja yang ke 264. Sebagai langkah awal akan dilaksanakan sosialisasi secara virtual melalui penayangan video, upacara wiwitan dan rangkaian kemeriahan lainnya. Saya mengajak kepada seluruh aparatur agar ikut menyosialisasikan HUT Kota Jogja ke-264 dan menyebarluaskan ke berbagai kanal,” tegas Heroe. (fie/ast)