Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden

Jelang Hari Ulang Tahun Kemerdekaat RI Ke 51, DPRD Kota Jogja gelar sidang paripurna pada Jumat (14/8) pagi. Sidang mengagendakan untuk mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI di Ruang Nusantara Gedung MPR, DPR, dan DPD Republik Indonesia. Oleh karena masih dalam situasi pandemi covid-19 menuju tatanan normal baru, penyelenggaraan sidang paripurna ini dilaksanakan dengan mengundang seluruh anggota DPRD untuk hadir dalam ruang paripurna dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sidang dihadiri oleh 39 (tiga puluh sembilan) anggota dewan, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan perwakilan eksekutif Pemkot Jogja.

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Jogja, H. Danang Rudiyatmoko menyampaikan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-75 ini mengambil tema besar “Indonesia Maju” dan disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia”. Tema besar “Indonesia Maju” adalah sebuah representasi dari pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Tema ini merupakan simbolisasi dari Indonesia yang mampu memperkokoh kedaulatan, persatuan, dan kesatuan. Makna kemerdekaan adalah kesempatan untuk berkarya tanpa batas. Sementara, penambagan logo “Bangga Buatan Indonesia” merupakan upaya menumbuhkan kecintaan warga negara pada produk dalam negeri. “Sekarang saatnya kita fokus kepada hal-hal yang benar-benar penting dalam menyatukan keberagaman melalui kolaborasi untuk memperkenalkan jati diri bangsa Indonesia,” tuturnya.

Selanjutnya pada sekitar pukul 10.00, sidang diskors untuk mendengarkan dan menyimak secara langsung Pidato Kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo melalui layar monitor. (fie/ast)