Sekretariat Dewan DPRD Kota Yogyakarta
 Adminsekwan,    23 Juni 2020 Dewan Dorong Sosialisasi Masif Delivery Perpustakaan
Dewan Dorong Sosialisasi Masif Delivery Perpustakaan

Mulai bulan Juni 2020 Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda) Kota Yogyakarta membuka pelayanan pengiriman (delivery) buku langsung ke alamat peminjam buku perpustakaan. Pelayanan program ini sudah direncanakan satu tahun sebelumnya dan sangat efektif diberlakukan pada masa pandemi korona ini. Anggota perpustakaan meminjam buku cukup dari rumah secara online. Mereka tidak perlu bersusah payah datang ke Perpustakan Daerah, terlebih lagi saat ini diberlakukan aturan pembatasan pengunjung di dua gedung perpustakaan milik Pemkot Yogyakarta, baik di Kotabaru maupun di Perpustakaan Alternatif Wilayah Selatan Kota Yogyakarta (Pevita). Dalam sehari dibatasi 110 pengunjung, berbanding terbalik pada saat kondisi normal dimana pengunjung mencapai 2-3 ribu per hari.

Menurut Muhammad Ali Fahmi, anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta, anggota perpustakaan yang mengakses layanan delivery masih sangat minim, rata-rata hanya 10 orang setiap hari sehingga perlu dilakukan sosialisasi secara lebih masif dan intensif baik ke anggota perpustakaan, pelajar, mahasiswa maupun warga pada umumnya. “Dengan demikian diharapkan akan lebih banyak masyarakat yang mengakses layanan ini dikarenakan masih berlangsung wabah korona sehingga perlu pembatasan sosial dan penerapan protokol kesehatan secara ketat,” ucapnya.

Selain itu, Fahmi juga mendorong agar Kantor Arpusda mengoptimalkan kembali layanan perpustakaan digital dengan memperbanyak pengadaan buku digital tentang tema lokal dan buku digital kumpulan naskah kuno Yogyakarta. “Kami akan usulkan di Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) Perubahan 2020 pengadaan buku-buku digital lokal Kota Yogyakarta. Tujuannya  untuk semakin meningkatkan rasa cinta  nilai-nilai budaya Kota Yogyakarta serta menggairahkan kembali budaya literasi para penulis maupun masyarakat,” kata Fahmi.

Berdasarkan informasi dari portal Perpustakaan Kota Jogja, layanan tersebut dinamakan Jamila (Jaminan Layanan Prima Mengantar Buku Andalan ke Pemustaka). Program ini merupakan solusi cerdas dalam mendekatkan bahan pustaka ke masyarakat. Layanan ini disediakan untuk seluruh anggota Perpustakaan Kota Jogja dengan pengantaran pada area wilayah Kota Yogyakarta. peminjaman buku dilayani setiap hari kerja, namun pengantaran hanya dilakukan pada hari Senin, Rabu, dan Jumat Pukul 09.00 – 15.00 WIB. Peminjaman buku dibatasi maksimal 2 eksemplar. Untuk informasi buku dan peminjaman, masyarakat dapat menghubungi WA (081390951274), Telepon (0274) 511314, dan Email: perpusarsip@jogjakota.go.id.  (fie/ast)


  (26 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait