Sekretariat Dewan DPRD Kota Yogyakarta
 Adminsekwan,    22 Juni 2020 Dewan Kota Jogja Minta BOSDA Segera Cair
Dewan Kota Jogja Minta BOSDA Segera Cair

Di masa pandemi korona ini, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Yogyakarta ikut terdampak. Untuk itu Pemkot Jogja harus melakukan rasionalisasi anggaran, salah satunya anggaran Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) untuk siswa Sekolah Dasar (SD) dan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta se-Kota Yogyakarta. Anggaran BOSDA semula Rp 45,5 milyar harus dipotong Rp 10 milyar, sehingga menjadi Rp 35,5 milyar dengan perincian BOSDA SD dari Rp 27,5 milyar turun menjadi Rp 22,5 milyar dan BOSDA SMP dari Rp 18 Milyar berkurang menjadi Rp 13 Milyar.

Muhammad Ali Fahmi, anggota Komisi D DPRD Kota Yogyakarta menyampaikan dengan dilakukannya pengurangan anggaran BOSDA, maka Peraturan Walikota (Perwal) Nomor 77 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemberian BOSDA harus segera diubah. Di dalam Perwal tersebut mengamanatkan dana dipergunakan untuk belanja pegawai, belanja modal serta belanja barang dan jasa. “Otomatis besaran BOSDA untuk setiap siswa ber-C1 Kota Yogyakarta semula Rp 1.250.000 untuk SD dan Rp 1.750.000 untuk SMP menjadi berkurang,” ucap Fahmi melalui rilisnya pada Senin (22/6).

Fahmi berharap dana BOSDA dapat segera dicairkan secara cepat dan penuh sesuai hasil rasionalisasi anggaran, mengingat di masa pandemi korona ini pemasukan dana dari siswa ke sekolah sangat berkurang drastis. “Dengan pencairan secara cepat sangat membantu biaya operasional terutama sekolah swasta. Pembiayaan belanja pegawai yang tahun lalu sebesar 20 % dari dana BOSDA tahun ini dinaikkan menjadi 40 % dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru dan tenaga kependidikan. Untuk tahun depan, anggaran BOSDA siswa SD dan SMP akan kita perjuangkan untuk kembali seperti semula,” tegasnya.  (af/ast)


  (27 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait