Sekretariat Dewan DPRD Kota Yogyakarta
 Adminsekwan,    09 Mei 2020 Pastikan Ketahanan Pangan Rakyat di Gondokusuman dan Danurejan Aman di Masa Pandemi
Pastikan Ketahanan Pangan Rakyat di Gondokusuman dan Danurejan Aman di Masa Pandemi

Dalam rangka ketugasan representatif sebagai wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Gondokusuman dan Danurejan, maka beberapa hari ini Antonius Fokki Ardiyanto, anggota DPRD Kota Jogja melakukan safari kegiatan sosial yang bertujuan untuk memastikan bahwa masyarakat di wilayah Kecamatan Gondokusuman dan Kecamatan Danurejan tidak ada yang terancam kelaparan dalam menjalani kehidupan di masa pandemi covid-19 ini.

Rangkaian kegiatan sosial yang dilakukan diantaranya menggandeng Bulog Yogyakarta memfasilitasi pelaksanaan pasar murah di wilayah Kampung Mangkukusuman. Kegiatan ini disambut antusias oleh masyarakat di sekitar wilayah tersebut diantaranya masyarakat Kampung Mangkukusuman, Danukusuman, Gendeng, Gunung Ketur, Bausasran, dan Kotabaru. "Dalam pelaksanaan pasar murah dijual bahan kebutuhan sembako yaitu beras sekitar 2 kwintal, gula 1 ton dan minyak goreng 675 liter," terangnya.

Selain kegiatan tersebut, Fokki juga mengawasi pelaksanaan pengambilan sembako bagi pemegang KKS dan PKH/BPNT di wilayah Kecamatan Gondokusuman dimana Keluarga Penerima Manfaat berjumlah 1.767 KPM dengan rincian sebagai berikut: 1) Program sembako reguler BPNT/PKH se- kecamatan Gondokusuman sebanyak 1.024 KPM; 2) Program perluasan program sembako darurat covid-19 KKS/ATM Sembako se- kecamatan Gondokusuman sebanyak 743 KPM. Sidak di Pasar Demangan juga dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pangan bagi masyarakat yang akan membeli kebutuhan pokok dan daya beli masyarakat. Dari sidak tersebut didapati fakta bahwa proses transaksi masih berlangsung ramai. Selanjutnya juga dilakukan pengukuran suhu tubuh untuk para pedagang dan pengunjung pasar dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19. "Dalam sidak juga ditemukan masih banyak pedagang dan pengunjung yang tidak memakai masker. Oleh karena itu dalam rapat mendadak di lokasi yang dilakukan Fokki beserta Camat dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Jogja diputuskan bahwa mulai hari ini, Sabtu 9 Mei 2020 seluruh pengunjung dan pedagang Pasar Demangan harus memakai masker dan bagi yang tidak memakai diminta pulang/tidak boleh memasuki area pasar," terang Fokki.

Kegiatan lain yang juga dilakukan Fokki yaitu adalah membantu permakanan dalam bentuk sembako terhadap keluarga yang dikarantina mandiri di beberapa wilayah, diantaranya: Danukusuman, Mangkukusuman, Gendeng, Tegal Lempuyangan dan Terban. Disamping juga memberi bantuan permakanan dalam bentuk sembako bagi anak kost yang mengadu. "Saya berharap Pemerintah Kota Jogja juga memikirkan kondisi anak kost di Kota Jogja sebagai tanggung jawab negara terhadap rakyat dan harus segera eksekusi kebijakan tentunya," tegas Fokki. (ant/ast)


  (12 nilai)
Pencarian
Agenda Akan Datang

Maaf, belum ada agenda untuk bulan ini

Agenda Rapat

Maaf, belum ada agenda rapat untuk saat ini

Statistik Pengunjung
Hari Ini Kemarin Bulan Ini Tahun Ini Total Pengunjung
Lokasi Kantor
Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU)
Kota Yogyakarta

NO2

O3

CO

SO2

PM10


Kosentrasi PM 2.5 per Jam

Tautan Terkait