Dewan Kota Jogja Berbagi dengan Anak Kost yang Terancam Permakanan

Pandemi Covid19 yang melanda Kota Yogyakarta telah menimbulkan masalah yang serius terhadap kehidupan masyarakat di berbagai sektor kehidupan masyarakat dimana kebijakan pembatasan sosial telah hampir melumpuhkan perekonomian di Kota Yogyakarta. Dan ini memang langkah yang efektif untuk memutus mata rantai penyebaran covid19. Kota Yogyakarta sebagai kota pelajar dimana banyak mahasiswa menuntut ilmu dari berbagai daerah sangat merasakan dampak dari pembatasan sosial dari pandemi covid19 ini. Banyak mahasiswa dari berbagai daerah tidak bisa pulang kampung, tidak bisa bekerja (banyak mahasiswa part time dalam bekerja) dan tidak mendapat kiriman uang dari orang tua di daerah karena disana juga mengalami persoalan yang sama. Dalam keadaan seperti itu maka problem yang riil dari para mahasiswa yang kost selain biaya bulanan kost dan kebutuhan lain adalah persoalan permakanan.

Persoalan permakanan ini menjadi suatu problem di depan mata yang harus diselesaikan oleh pemerintah karena pemerintah dibentuk untuk melayani rakyatnya. Problem permakanan inilah yang langsung disikapi oleh Antonius Fokki Ardiyanto, anggota DPRD Kota Yogyakarta ketika mendengar ada sekitar 9 orang anak kost dari berbagai daerah yaitu Sumba, Papua dan Medan di daerah Kampung Gendeng Baciro mengalami persoalan permakanan dengan membantu mereka dengan paket sembako yang cukup untuk seminggu ke depan.

Dalam kesempatan itu Fokki selaku anggota DPRD Kota Yogyakarta dan juga Ketua DPN Repdem Bidang Otonomi dan Pemerintahan Daerah meminta supaya Pemerintah Kota Yogyakarta juga bisa terjun langsung mengatasi persoalan permakanan bagi mahasiswa/pelajar yang kesulitan permakanan dan peristiwa di Kampung Gendeng adalah fenomena gunung es. "Saya yakin banyak lagi yang mengalami persoalan yang sama tapi kebingungan mengadu kemana sehingga mereka merasakan negara tidak hadir," ujarnya.

Disamping itu dalam kesempatan yang sama, Fokki juga menyampaikan bahwa kalau masih ada anak kost kekurangan dalam hal permakanan bisa datang ke Omah Br4FO yang berlokasi di Jl. Teratai 24 Baciro, sebelah selatan Puskesmas Gondokusuman. (ant/ast)